Rabu, 30 November 2016

PENGERTIAN INTERNET DAN INTRANET SERTA SEJARAH DAN FUNGSINYA

1. Pengertian intranet

Intranet adalah jaringan komputer yang bersifat tertutup atau hanya didesain dan dibagun hanya untuk instansi /perusahaan/kelompok tertentu dan hanya orang tertentu yang boleh memasuki dan menggunakan resource  jaringan tersebut,misalnya jaringan yang dibangun oleh bank,militer,perusahaan,dan instansi lain untuk menunjang kegiatan pertukaran informasi dan  bisnis antar cabang.
Intranet hanya bisa digunakan dilingkungan internal perusahaan/kelompok dan tidak bisa diakses dari luar (internet) karena jaringan ini dipisahkan oleh firewall atau bahkan dibuat offline (tidak tersambung secara fisik dengan internet) untuk menghindari hacking.
jaringan intranet scope nya bisa luas antar gedung,kota,daerah atau antar pulau bahkan antar negara,jadi jaringan intranet tidak bisa didefinisikan jaringan yang ada di daerah tertentu/di gedung tertentu. disebut jaringan intranet karena sifatnya yang tertutup,hanya orang tertentu yang bisa masuk ke jaringan tersebut.untuk menyambungkan jaringan intranet antar pulau /daerah atau negara biasanya digunakan sambungan VPN (membuat jaringan private menggunakan infrastruktur internet)

2. Pengertian internet

pengertian dan penjelasan internet globalinternet adalah jaringan komputer global (dunia) dimana agar komputer bisa tersambung ke jaringan ini harus mengikuti standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai  protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.
internet bisa diartikan juga sebagai jaringan komputer global yang menyediakan berbagaimacam informasi.sedangkan jaringan internet adalah Banyak komputer didunia ini  yang saling terhubung dan saling berkomunikasi melalui media tertentu (Kabel tembaga,fibre,wireless)

3. Penjelasan Jaringan Internet

jaringan-internetPada Dasarnya Internet adalah intilah untuk  jaringan komputer  global yang menghubungkan semua perangkat komputer di dunia ini (server,komputer,laptop,smartphone,smartdevice)  di dunia ini sehingga antar perangkat komputer yang menggunakan standar (TCP/IP)bisa saling berkomunikasi,Jaringan disini bisa berupa jaringan kabel (Wired) atau non kabel (Wireless) . Informasi yang kita butuhkan disediakan oleh komputer yang bertindak sebagai server ,sedangkan komputer yang kita gunakan untuk mengakses informasi bertindak sebagai client atu host.

4. Cara konek ke Internet

ISPUntuk dapat konek ke internet dan mengakses informasi yang disediakan bebas di internet kita perlu berlangganan internet ke jasa layanan internet (ISP) seperti speedy,fastnet,firstmedia,indosat,telkomsel,axis,xl dan masih banyak lagi. tiap daerah biasanya mempunya ISP dengan nama yang berbeda.

5. Cara mencari informasi di internet

mencari informasi dengan googlingUntuk menikmati content di internet yang sangat beragam kita dituntut untuk aktif mencarinya,karena internet tidak seperti siaran TV. informasi di internet disediakan di website WWW,ada jutaan website yang ada di internet,dan tidak mungkin kita untuk menghafalkan nama website penyedia informasi untuk informasi tertentu. kita memerlukan mesin pencari yang cerdas untuk mencari informasi sesuai yang kita inginkan. kamu bisa menggunakan mesin pencari google atau orang indonesia  sering menyebut nya “Mbah Google”.  cukup buka website www.google.com ,dan ketikan informasi yang pingin kamu cari di kotak p encarian,maka google akan memberikan list website yang menyediakan informaasi yang kita inginkan.

6. Pemilik Internet

jaringan internet tidak mutlak dimiliki oleh satu orang atau organisasi, karena internet adalah sebuah jaringan komputer,hanya saja infrastruktur dari jaringan internet dimiliki oleh perusahaan/kelompok yang berbisnis menyediakan layanan internet. perusahaan ini yang nantinya akan menyambungkan jaringan komputer yang telah dibuatnya dengan perusahaan lain dan begitu seterusnya hingga membantuk jaringan komputer sedunia yang kita namakan INTERNET.

7. bentuk fisik Internet

skema jaringan internetJaringan fisik internet secara sederhana hanya terdiri dari kabel ,non kabel (wireless radio) dan router. kabel digunakan untuk menghubungkan router antar kota,daerah,pulau, bahkan antar benua melewati jalur laut.router digunakan untuk mengatur lalulintas paket data yang melewati kabel  dan menunjukan kemana paket data harus diantar(seperti trafic light dan penunjuk jalan yang mengatur arus lalulintas). router biasanya diletakan disetiap percabangan jaringan.
Mungkin kalian  berfikir kalau jaringan internet menggunakan satelit sebagai jalur utama.Padahal Jaringan Utama (Backbone) Internet menggunakan Kabel Fibre Optic bawah laut untuk menghubungkan Jaringan iinternet antar Benua.
Kenapa gak pake satelite / Wireless ? Karena menggunakan Wireless mempunyai banyak kelemahan jika dipakai untuk membawa beban jaringan yang cukup besar diantaranya:
  • Latency /Delay hampir 1 Detik peta kabel fibre optic bawah laut
  • Interferensi
  • Rawan gangguan signal
  • Biaya Relatif Mahal
  • Kecepatan Terbatas
Referensi : Wikipedia Satelite Internet Access
Oleh karena itu digunakanlah Fibre Optic sebagai Jalur Utama Internet yang menghubungkan antar benua atau antar pulau bahkan menghubungkan antar tower seluler. adapun keunggulan Fibre Optic
  • Lebih Murah
  • Signal Loss Kecil
  • Membutuhkan Daya Kecil
  • Mampu membawa beban yang besar dengan fisik kabel yang tipis (mm)

8. Sejarah Internet

Dikutip dari wikipedia – Singkatnya  gagasan jaringan komputer berasal dari beberapa lembaga penelitian komputer di US ,UK dan prancis  pada tahun 1960an ,kemudian lembaga pertahanan US mendapat kontrak untuk membuat proyek ini.
Sejarah internetmelalui proyek lembaga ARPA yang mengembangkan jaringan yang dinamakan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX.
Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

9. Fungsi dan Manfaat internet

Internet merupakan jaringan virtual yang menghubungkan manusia di planet ini,dengan berbagai macam latarbelakang hobi,pengetahuan,pekerjaan,keahlian dll,menjadikan internet sebagai tempat ngumpul bagi berbagai macam komunitas, saling bertukar informasi dan pengetahuan. menjadikan dunia virtual ini (internet) sangat prospek untuk urusan bisnis dan menawarkan berbagai kemudahan dimana untuk mengaksesnya tidak terhalang jarak dan waktu. berikut pemanfaatan internet untuk tujuan kebaikan pada umumnya. Karena ada juga orang jahat yang memanfaatkan internet untuk mencari korban nya seperti di dunia nyata.
  • Internet untuk Komunikasi

    sarana-komunikasiInternet digunakan sebagai sarana komunikasi oleh berbagai macam kalangan.oleh kita sehari hari internet digunakan untuk chatting atau video call dengan keluarga atau teman. komunikasi disini tidak sekedar chating,email dan video call saja,tetapi bisa digunakan sebagai sarana berkumpul dan berbagi pendapat (Forum).
    Internet juga digunakan oleh smart device untuk dapat berkomunikasi dengan smartphone/komputer kita ,misal mengakses system alaram rumah,cctv,laporan perusahaan dari jarak jauh .
    Internet juga digunakan untuk membangun jaringan private(VPN) yang menghubungkan antar cabang perusahaan.
  • Internet untukBisnis

    manfaat /fungsi internet untuk bisniskegiatan bisnis dijaman ini sebagin besar menggunakan sarana internet untuk menjangkau pelanggan atau sarana promosi dan memberikan pelayanan lebih kepada konsumen nya misal nya online shop.
    Dunia internet juga telah melahirkan banyak sekali provesi baru dan ladang bisnis untuk para ahli dibidang internet. misalnya : jasa hosting,vps,vpn,social media,Jasa SEO ,Adds Publisher,Jasa reparasi komputer online,konsultan IT ,Web developer,web firewall service, game developer,online shop dan masih banyak lagi.Sebagian besar aplikasi sekarang menggunakan internet sebagai jalur komunikasi data agar cakupan nya luas dan bisa diakses dimana saja(selama ada internet)
  • Internet Sebagai Gudang informasi

    internet sumber informasi tak terbatasDengan berjuta situs /web yang ada di internet dan menyediakan berbagai macam content informasi,internet menjadi perpustakaan virtual terbesar di planet ini. semua informasi dapat dicari dan diakses hanya dengan menekan tombol,dalam hitungan mili second informasi tersaji dilayar. menjadikan internet sebaga tempat faforit mencari informasi bagi orang yang ingin belajar hal baru atau hanya untuk mengerjakan tugas sekolah /kuliah.atau hanya sekedar untuk mencari resep masakan dan cara merawat wajah ðŸ˜€
  • Internet untuk sarana Hiburan

    internet sebagai sarana hiburanSeiring berkembangnya jaringan internet dengan bandwidth yang cukup besar dan tehnik kompresi data yang
    canggih,video dapat dialirkan melalui jaringan internet dengan kualitas tinggi dengan bandwidth yang tidak begitu besar.content video premium pun menggunakan jalur internet sebagai media pengantar ke pelanggan nya seperi NETFLIX yang dulunya hanya bisa dinikmati menggunakan kabel atau satelit dish .dengan internet pelanggan video premium ini menjadi tidak terbatas (secara teknis begitu selama gak di blok ma pemerintah ,kaya di indonesia :p).
    industri game pun berkembang dengan pesat,game dapat dimainkan melalui jaringan internet secara multi player secara masive dan membentuk komunitas penggemar game.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar